Visi Komputer (Computer Vision)

     Visi komputer (Computer Vision) adalah salah satu teknologi yang paling banyak dipakai pada zaman ini. Teknologi visi komputer ini merupakan salah satu bidang dari teknologi Artificial Intelligence. Visi komputer juga merupakan dan kumpulan dari metode-metode untuk mendapatkan, memproses, menganalisis suatu gambar atau dalam arti lain visi komputer, merupakan kumpulan metode-metode yang digunakan untuk menghasilkan angka-angka atau simbol-simbol yang didapat dari gambar yang diambil dari dunia nyata agar komputer dapat mengerti apa makna dari gambar tersebut. Inti dari teknologi visi komputer adalah untuk menduplikasi kemampuan penglihatan manusia kedalam benda elektronik sehingga benda elektronik dapat memahami dan mengerti arti dari gambar yang dimasukkan (Milan Sonka, Vaclav Hlavac and Roger Boyle - 2008). Pemahaman gambar pada komputer ini dilakukan dengan menguraikan informasi simbolis dari data gambar dengan menggunakan model yang dibangun dengan bantuan geometri, fisika, statistika, dan teori serta metode-metode lainnya (David A. Forsyth dan Jean Ponce, 2003). 

    Visi komputer juga dideskripsikan sebagai suatu teknologi untuk mengotomatisasi dan mengintegrasikan berbagai proses dan represetasi untuk menghasilkan presepsi penglihatan (Dana H. Ballard dan Christopher M. Brown, 1982). 8 Dalam disiplin ilmu, visi komputer berkaitan dengan teori-teori dibalik sistem buatan yang mengekstrak informasi dari gambar. Informasi yang diekstrak dari gambar dapat berupa data-data yang berbeda-beda, seperti urutan jalannnya video, intesitas cahaya, atau prespektif dari sudut gambar yang berbeda-beda. Dalam disiplin teknologi, visi komputer mengusahakan cara agar teori-teori dan model dapat diterapkan untuk pembangunan sistem pada sistem komputer. Contoh beberapa aplikasi yang menggunakan visi komputer seperti, alat navigasi dan kontroler. Visi komputer sekarang ini sering digunakan untuk mendeteksi wajah pada gambar (face detection), mengenali ekspresi wajah(facial expression recognition) dan dalam prakteknya sering digunakan bersama dengan jaringan syaraf tiruan (artificial neural network).


Software yang mendukung dan sering dipelajari meliputi :

Matlab 

uPyCraft IDE

OpenCV

Dan masih banyak lainnya yang dapat digunakan tergantung user atau programmer familiar pada bahasa mana yang sering dipakai

0 Comments